Pages

26 Juli, 2008

Laporan dari kua kec. sajad

KUA KEC. SAJAD FASILITASI PELATIHAN
FARDHU KIFAYAH & IMAM MASJID


KUA Kec. Sajad, Terbatasnya mereka yang menguasai teknis mengurus jenazah yang lebih dikenal dengan petugas Fardhu Kifayah di masyarakat. menjadi perhatian Kantor Urusan Agama Kecamatan Sajad, karena itu rencananya senin (28/7) akan digelar pelatihan tersebut.

Menurut Zulkifli, SHI Kepala KUA Kecamatan Sajad hal tersebut menjadi persoalan tersendiri, terutama manakala para pengurus fardhu kifayah tersebut telah berusia lanjut. "dalam prakteknya jumlah para pengurus fardhu kifayah yang terbatas itu sesekali menjadi sangat repot makakala sejumlah kematian terjadi dalam waktu yang bersamaan," ujarnya.

Pelatihan tingkat Kecamatan Sajad ini tukas zulkifli, meliputi 4 desa yaitu desa jirak, desa tengguli, desa mekar jaya dan desa beringin. dari desa kita mintakan minimal 5 orang peserta. dn rencana pelaksanaannya dilaksanakan di Masjid Syuhada Mensemat, mekar jaya.

Kepala KUA Sajad menjelaskan bahwa konsep kegiatan bukan sekedar pengetahuan tentang fardhu kifayah semata, sehingga dengan demikian para peserta yang mengikuti pelatihan ini memang benar-benar orang yang diproyeksikan untuk menjadi para pengurus fardhu kifayah di desanya masing-masing setelah mengikuti pelatihan.

lebih lanjut Zilkifli mengatakan bahwa karena pelatihan yang akan dipandu langsung oleh Ketua MUI Kabupaten Sambas ini konsepnya adalah kaderisasi, maka hal terpenting setelah pelatihan ini para peserta langsung mempraktekkannya di desanya masing-masing. kata kepala kua.

Disamping pelatihan fardhu kifayah dalam kesempatan ini akan diadakan pelatihan Imam untuk masjid yang akan juga dipandu oleh H. Ahmadi Achmad, Ketua MUI Kab. Sambas. karena kegiatan serupa juga sudah sering dilaksanakan di Kecamatan lain, seperti Kecamatan Pemangkat.***rs/urais.

0 komentar:

Posting Komentar